Kabar Baik, Sosialisasi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 32 Tahun 2016 Diperpanjang!

Bagi pemilik mobil di bawah 1.300cc dan belum uji KIR, ada kabar baik, sosialisasi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 32 Tahun 2016 DIPERPANJANG sampai 1 April 2017. Hal ini disampaikan oleh Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto dalam konferensi pers di Kantor Kemenhub, Rabu (28/9/2016). “Belum melakukan represif (penindakan) tetapi lebih utamakan preentif. Namun bukan berarti tidak ada (penindakan) teguran. Jadi ditambah sosialiasi 6 bulan ke depan,” ujar Pudji Hartanto.

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 32 Tahun 2016 seharusnya berlaku efektif mulai 1 Oktober 2016. Belum diketahui apa alasan Kemenhub memperpanjang masa sosialisasi peraturan tersebut. Adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi pengemudi jika peraturan tersebut berlaku efektif adalah memiliki SIM A Umum, kendaraan minimal 1.300cc, dan uji KIR.

“Penegakan hukum bisa dilakukan dalam bentuk peneguran atau memberikan teguran tertulis. Tapi penegakan tilang, dikandangkan, tidak dilakukan,” lanjutnya. Pudji Hartanto juga menyebarkan surat edaran perpanjangan sosialisasi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 32 Tahun 2016 kepada Dinas Perhubungan Provinsi maupun Kota dan Kabupaten. Selama 6 bulan ke depan tidak akan ada tindakan hukum yang dilakukan oleh petugas Dishub.

“Petugas lebih utamakan kegiatan pembinaan, pencegahan dan sosialisasi dialog dari pada kegiatan penegakan hukum. Saya ingin jelaskan di sini bahwa aparat penegak hukum termasuk Dishub akan lebih utamakan pembinaan dan pencegahan dari pada tindakan penegakan hukum,” bebernya. Meskipun begitu, beliau mengatakan bahwa proses KIR dan SIM tetap berlanjut, tetapi nanti yang diberlakukan lebih mengutamakan tindakan prefentif atau pencegahan dan pembinaan, dibandingkan penegakan hukum.

Apabila Anda ingin mendaftar sebagai UBER Partner & Driver, silakan klik di sini. 🙂